Satu jam saja - Quality time with kids

August 07, 2018

Assalamu'alaykum wr wb 

Bismillah

Hidup adalah amanah yang akan kita pertanggungjawabkan dihadapan Allah swt, begitu pula dengan anak-anak. Mereka adalah amanah bagi kita, yang harus kita jaga , kita didik dengan kasih sayang.
Profesi ibu bekerja, bukan penghalang bagi kita untuk dekat dengan anak. 
Memang benar, saya kerap mendengar, bahwa saya akan kehilangan Golden Age anak-anak saya saat usia balita. 

Namun , saya tidak pernah patah semangat, karena saya yakin Allah memberikan ketetapanNya kepada saya, pasti juga akan memberikan jalan luas yang panjang terbentang, untuk saya bisa mendidik dan dekat dengan titipanNya.
Selain doa , yang selalu dipanjatkan dan berserah diri pada Sang Khalik, untuk menjaga buah hati kita saat kita tidak bersama mereka

Dalam mendidik anak saya berangkat dari quote yang terkenal dari Ali bin Abi Thalib, RA adalah:
Didiklah anakmu sesuai dengan jamannya, Karena mereka hidup bukan di jamanmu”. Dari quote ini kita sebagai orang tua tidak bisa lagi otoriter , meminta anak untuk mengikuti kemauan orangtua.


Menurut Ali bin Abi Thalib Ra. ada tiga pengelompokkan dalam cara memperlakukan anak:
  1. Kelompok 7 tahun pertama (usia 0-7 tahun), perlakukan anak sebagai raja.
  2. Kelompok 7 tahun kedua (usia 8-14 tahun), perlakukan anak sebagai tawanan.
  3. Kelompok 7 tahun ketiga (usia 15-21 tahun), perlakukan anak sebagai sahabat.
Ketika mereka berusia 0 hingga 7 tahun, saya selalu menerapkan satu jam bersama mereka dan saya akan berusaha ada saat mereka membutuhkan. Alhamdulillah , teknologi kian pesat, sehingga kami bisa berhubungan via pesawat telepon.

Komitmen Ibu Bekerja selalu dipertanyakan, dengan tekad kuat... saya jaga komitmen dan berusaha kuat untuk mengatur waktu (time management). Walau ada juga sih yang melesetnya.. hehe...
Satu jam tiap hari , sesaat setelah saya pulang dari kantor. Baby sitter langsung keluar dari zona mengasuhnya,, dan sepenuhnya anak-anak bersama dengan saya.
No gadget, no interruption selama satu jam berharga itu. Anak- anak bebas bercerita, bagaimana keseharian mereka

Antusiasme mereka amat sangat luar biasa, mereka selalu menanti saat-saat saya pulang kantor, dan berebut untuk bercerita terlebih dahulu.

Indahnya masa-masa itu. Saya rasakan hingga mereka besar, mereka selalu bercerita tentang apa saja dengan saya, dan mereka memiliki empati yang besar.

Jadi para ibu bekerja... yakin deh, InsyaaAllah, walau bekerja pun, kita bisa terus dekat dengan buah hati kita, apalagi di teknologi yang semakin pesat. Intinya: komitmen yang kuat, dan time management yang bagus.

Mungkin ada yang susah untuk pulang tepat waktu dari kantor, tidak fleksibel.. tetap semangat, dan terus berniat kuat. Karena dengan niat dan tekad yang kuat, InsyaaAllah, Allah akan memberikan jalan yang terbentang luas.
Satu jam paling sedikit kita luangkan buat mereka, manfaat positif yang saya rasakan.

Terus Doa dan tawakal.. Insyaa Allah.

Wassalamu'alaykum wr wb

You Might Also Like

2 comments

  1. Semangat untuk para mompreneur 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus semangat.. dan enjoy your life.. everything is possible.

      Delete