Skip to main content

Nasi Tutug Oncom, Kuliner Jawa Barat

nasi tutug oncom


Saat yang ditunggu oleh anak-anak saat sowan ke Garut  adalah wisata kulinernya.  
Mereka sudah fasih dengan beragam kuliner di Garut karena memang Garut adalah kampung halaman suami saya sehingga sedari kecil lidah mereka sudah terbiasa dengan kuliner dari kabupaten yang mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik dan juga mancanegara.

Salah satu kuliner yang sangat disukai oleh Daffa, anak tertua saya adalah Nasi Tutug Oncom atau dalam bahasa Sunda, Sangu Tutug Oncom , biasa disingkat Nasi T.O. 

Apakah Nasi Tutug Oncom ?


Nasi Tutug Oncom adalah nasi yang diaduk dengan tumisan oncom goreng , biasanya disertai tambahan lauk pauk seperti ayam goreng atau gepuk, tempe mendoan , sambal, lalapan dan krupuk. Nasi ini paling sedap ketika disajikan hangat. 

Secara bahasa, kata tutug dalam Bahasa Sunda artinya menumbuk. Proses tumbuk nasi dengan oncom ini menjadi nama jenis makanan yang dikenal dengan nama tutug oncom. Walaupun kuliner ini berasal dari Tasikmalaya, kerap banyak juga ditemui di Kabupaten Garut. 

Nasi T.O ini banyak ditemui dimana-mana, namun, yang paling cocok dilidah keluarga saya terdapat di beberapa tempat, diantaranya adalah Pujasera yang letaknya di sebelah Rumah Makan Ampera Jl. Siliwangi Garut,  depan SMA 2 Garut atau RM. Asep Stroberi.

Sekali mencoba kuliner ini pasti akan ketagihan.
Mari kita lestarikan kuliner Nusantara.

Tak kenal maka tak sayang..

Comments

  1. Saya juga suka nasi tutug oncom mba Nana, tapi belum nyoba yang di Garut, inshaallah ntar kalau ada kesempatan sambil lewat pulkam ke Ciamis. Makasih ya infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mba.. kalau kelewatan pas makan siang, bisa mampir ke RM Asep Strobery

      Delete
  2. Sepertinya enak nih Mbak. Saya tahu kuliner yang ada oncomnya yaitu combro, camilan dari Jakarta. Kalau yang ini belum pernah coba. Di daerah Jateng kayaknya belum ada yang jual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sedang traveling ke Jawa Barat mba.. monggo dicari dan dicoba.. bakal ga nyesel deh

      Delete
  3. Saya juga doyan banget dengan tutug oncom. Enyaaaak hehe

    ReplyDelete
  4. Yummy.. apalagi disajikan hangat dan minumnya teh tawar hangat.. mmmm.. nikmat dunia deh.. hehe

    ReplyDelete
  5. Belum pernah cobain tutug oncom. Kynya someday perlu dicoba nih

    ReplyDelete
  6. Duh jadi kepengen. Tapi di Batam susah nyari oncom :(

    ReplyDelete
  7. Wah aku mah asalkan ada sambelnya selalu suka mba hihihi. Jadi laper lihat gambar makanannya 😍

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Blogger Pemula Ikut Kelas BRT

Selamat datang di blog saya, disini saya akan berbagi cerita tentang kuliner, parenting, dan lifestyle. Kali ini, saya akan berbagi pengalaman pertama saya mengikuti Kelas Gratis BRT. Saya adalah Blogger pemula yang berminat untuk mengoptimasi blog saya.  Mengapa saya tertarik mengikuti kelas gratis BRT ini? Alasan pastinya seperti yang dimiliki sebagian besar para Blogger, yaitu agar blog kita ramai pembaca, dan bisa menjadi urutan teratas dalam mesin pencarian Google. Pertama kali saya tertarik untuk membuat Blog adalah di tahun 2018. Sayangnya, saya mengalami kesulitan untuk membagi waktu antara pekerjaan kantor, pekerjaan rumah, dan menulis blog. Alhasil, blog saya tidak aktif. Sejak tahun 2018 hingga sekarang, saya terus mengasah ilmu kepenulisan saya dengan memberanikan diri mengikuti tantangan menulis antologi serta belajar tentang blog. Saya resmi berhenti bekerja dari kantor saya di bulan November 2021 dan inilah saatnya saya berniat untuk memperdalam ilmu tentang Blog. Sekil

Lokasi Menarik di Kota Lama Semarang

Dear Sahabat, Di cerita saya kali ini, saya akan mengulas sedikit tentang Kota Semarang kembali. Semarang adalah kota yang kami tidak pernah bosan mengunjunginya. Kota yang selalu membuat kangen, selain makanan aslinya juga tempat wisatanya. Salah satu yang kami kunjungi hingga kedua kalinya adalah Kota Lama Semarang. Kami sangat menikmati jalan sore di Kota Lama Semarang. Walau hanya kunjungan singkat, kami menemukan lokasi menarik di Kota Lama Semarang yang ramai dikunjungi, dimana saya lihat, bukan hanya wisatawan domestik tetapi juga asing. Saya dan keluarga, telah mengunjungi Kota Lama Semarang dua kali, sebelum pandemi dan saat pandemi. Saya akui kami menemukan perbedaan diantara dua kunjungan kami tersebut. Namun walau demikian, tidak mengurangi keasyikan kami mengeksplorasi Kota Lama Semarang. Baca juga : Tiga Spot Foto cantik di Lawang Sewu. Sekilas tentang Kota Lama Semarang Kota Lama Semarang merupakan kawasan perniagaan di abad ke 19-20, disaat pemerintahan Belanda atau VOC

Kantina, Kantin Plaza Indonesia

Dear Sahabat,  Berkantor di salah satu pusat perbelanjaan bergengsi di Jakarta, pastinya akan membuat isi kantong jebol, karena susah mencari tempat makan yang ramah kantong. Banyak sih tempat di pinggiran jalan yang menawarkan makanan dengan harga murah, asal mau berpanas-panasan dan berteman dengan debu. Akhirnya kutemukan Kantina, Kantin Plaza Indonesia. Di awal kepindahan kantor dari Landmark Sudirman ke The Plaza Office Tower MH Thamrin, saya selalu bingung ketika jam makan siang tiba. Sesekali makan di dalam pusat perbelanjaan Plaza Indonesia, tapi kadang ingin rasanya menyantap makanan ala masakah rumahan. Ada alternatif kantin di basement P2 atau di P3, namun harus siap mau ditemani asap rokok, karena banyak pengemudi-pengemudi yang makan di situ. Pilihan lain lagi adalah di Kantin EX, lumayan banyak makanan yang ditawarkan disana harga murah dan juga lumayan rasanya. Namun sayang sekali, Kantin EX harus kita relakan karena gedung tersebut dirobohkan. Kembali bingung melan