Tips Blogger Pemula Ikut Kelas BRT

December 07, 2021

Tips blogger ikut Kelas BRT


Selamat datang di blog saya, disini saya akan berbagi cerita tentang kuliner, parenting, dan lifestyle. Kali ini, saya akan berbagi pengalaman pertama saya mengikuti Kelas Gratis BRT. Saya adalah Blogger pemula yang berminat untuk mengoptimasi blog saya. 

Mengapa saya tertarik mengikuti kelas gratis BRT ini? Alasan pastinya seperti yang dimiliki sebagian besar para Blogger, yaitu agar blog kita ramai pembaca, dan bisa menjadi urutan teratas dalam mesin pencarian Google.

Pertama kali saya tertarik untuk membuat Blog adalah di tahun 2018. Sayangnya, saya mengalami kesulitan untuk membagi waktu antara pekerjaan kantor, pekerjaan rumah, dan menulis blog. Alhasil, blog saya tidak aktif.

Sejak tahun 2018 hingga sekarang, saya terus mengasah ilmu kepenulisan saya dengan memberanikan diri mengikuti tantangan menulis antologi serta belajar tentang blog.

Saya resmi berhenti bekerja dari kantor saya di bulan November 2021 dan inilah saatnya saya berniat untuk memperdalam ilmu tentang Blog.


Sekilas tentang Kelas Gratis BRT


Kelas BRT network Grup F
Ilustrasi by MamaJokaa
Apa sih Kelas Gratis BRT itu? Awalnya saya tidak paham, apa itu kelas BRT, karena saya pun diajak oleh seorang teman untuk mengikuti kelas ini.. Kelas BRT adalah kelas daring melalui grup Whatsapp yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan optimasi blog, seperti misalnya tentang Meta SEO Inspector, SSL atau domain, bagaimana edit HTML tampilan atau tema Blog kita, parameter SEO on page blog kita serta pemahaman tentang Google Analytic dan Google Search Console .  

Model kelas ini adalah dengan cara belajar aktif dan mandiri. Kelas dibagi 2 yaitu kelas besar untuk pemaparan tugas serta materi optimasi blog dan kelas kecil yang berisikan beberapa anggota, untuk membahas dan mengerjakan tugas yang diberikan.

Hari pertama masuk kelas, saya seperti jet lag dan bingung luar biasa. Kelas BRT atau kepanjangannya Blogger Ruang Tunggu yang dipandu oleh Mbak Monica, Mas Punto, Mas Priyo, Kak Zen dan Mbak Marita serta Mbak Gilang ini tidak memberikan materi, karena kelas ini tidak berbayar. Kita hanya dipandu dengan tugas-tugas dan menyaring informasi yang diberikan secara mandiri.

Saya tidak sendirian sih, walau mungkin kadar bingung saya pastinya lebih banyak dari teman sekelas saya, mbak Sri Wahyuni atau dengan nama pena Yuni Bint Saniro yang berasal dari Pulau Garam. Mbak Yuni pun merasakan rumitnya belajar mandiri di kelas BRT ini, karena seperti halnya saya, kita berdua hanya terima template yang sudah jadi, tanpa sadar apakah template kita ini bersahabat dengan SEO atau tidak. Namun pastinya berbeda dengan saya,  beliau dapat mencerna dan memecahkan masalah SEO yang kerap dihadapi para blogger dengan mudah karena sudah  lama aktif berkecimpung di dunia blogging.

Meta SEO Checker





3 tips untuk blogger pemula mengikut kelas gratis BRT

Ini adalah kali pertama saya untuk mengikuti kelas tidak berbayar, dan terus terang membuat saya tidak yakin apakah dapat mengikutinya hingga akhir, karena saya benar-benar pemula.

Saya coba share ya untuk para blogger pemula 3 tips ala saya, bagaimana untuk bisa mencoba terus belajar di kelas ini, mungkin bisa bermanfaat bagi sahabat blogger.

1. Luruskan niat untuk belajar

Saya kembalikan kepada niat saya awal bahwa saya ingin menekuni ranah blogging. Keinginan saya untuk mempunyai blog yang ramai pembaca dan mudah untuk dibuka, sehingga saya dapat memberikan manfaat kepada orang lain.

2. Aktif  mencoba dan mencari ilmu terkait di situs lain

Kunci dari kelas ini adalah aktif dan mandiri, walaupun ilmu saya sangat minim tentang dunia blog, namun saya terus semangat untuk mencoba dan mencari artikel terkait di Google dan mencoba untuk praktek. Semangat ini ditularkan oleh teman-teman saya yang berada dalam satu grup kecil, salah satunya adalah Mbak Eka Fitriani Larasati, seorang Blogger asal Bandung. Beliau selalu aktif dan semangat mencoba untuk optimasi blognya, walau kadang harus mengikhlaskan salah satu ciri khas blog miliknya. Kesan pertamanya mengikuti kelas ini adalah penuh debaran hati, namun kelas ini sarat ilmu, sehingga beliau tetap semangat dan selalu aktif mencoba.

3. Berpikiran positif

Tidak selalu apa yang kita inginkan kita dapatkan , namun kita harus selalu berpikiran positif dan selalu bangkit demi mencapai tujuan kita. 

Tips Ikut Kelas Gratis BRT: Luruskan niat, Aktif dan Berpikiran positif

Tantangan yang diberikan di Kelas Gratis BRT membuat saya belajar hal baru, bertemu dengan sahabat baru. Alhamdulillah, saya telah berhasil menyelesaikan Tugas 1 dan Tugas 2 dengan arahan dan bantuan dari sahabat-sahabat baru saya.

Harapan dan keinginan saya untuk dapat mempunyai blog yang dikenal oleh mesin pencari Google dan dibanjiri pembaca, membuat semangat belajar saya terus ada, luruskan niat, aktif mencari dan mencoba serta berpikiran positif.

Semoga, kami  bertiga terutama saya, dapat menyelesaikan kelas ini dengan baik.
Terima kasih bagi yang telah meluangkan waktu untuk mampir ke blog saya dan membaca hingga akhir, semoga tips yang saya bagikan bisa bermanfaat. Apabila ingin memberikan tanggapan atau sharing, silakan di kolom komentar ya.

Terima kasih




You Might Also Like

32 comments

  1. Semangat berbagi kebaikan dan inspirasi mah,yang mamah tulis
    pasti bermanfaat untuk orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaaAllah terima kasih ya Arsyad, aamiin. Ikut kelas optimasi blog ini benar-benar manfaat, walau masih awam tapi harus tetap semangat me coba.

      Delete
  2. Selamat ya buna.... semoga bisa lebih banyak lagi berbagi ilmu dan pengalaman yg bermanfaat untuk sesama.... sukses selalu untuk mu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Indy
      Mohon doanya yaa semoga istiqomah dan tetap berada dalam kelas ini.

      Delete
  3. Mba Nana...
    Finally..Masyaa Allah. You did it. So proud of you and "keistiqomahannya". Me actually very found of writing but dunno what to write about.
    I wish your blog always brigthening everybody who read your blog and can help me how to start writing.
    Good luck mba Nana...keep writing, keep shining.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tabarokallah, aamiin yaa Allah.
      Semangat belajar dirimu turunkan kepadaku mbak. Terima kasih Mbak Asti.

      Delete
  4. Wuooow mb Nana ... good luck ... barakallah

    ReplyDelete
  5. Keren mBa Nana… memotivasi saya buat menghidupkan kembali blog saya yg sudah bertahun tahun tidur, semoga sukses blog nya keep writing..!

    ReplyDelete
  6. Asyiiik Mba Nana bikin blog.... Semoga lancar semuanya, manfaat ilmunya, dan yang terpenting barokah. Happy writing Mba Nana

    ReplyDelete
  7. Selamat dan semangat terus ya Na... insya Allah dilancarkan sesuai dengan niatan awalnya... sukses & sehat selaluuu... aamiin YRA 🤗🤗

    ReplyDelete
  8. Bissmillaah... semoga lancar kakakku.. keep hamassaah🥰💕

    ReplyDelete
  9. MasyaAllah, kereen, Nana..very inspiring, jadi tertarik untuk ikutan belajar...but, sementara 'hadir' dulu di blog Nana.. fighting!!

    ReplyDelete
  10. Dear mbak Nana

    Semangat dan terus menginspirasi yah ❤

    ReplyDelete
  11. MasyaAllah, sangat menginspirasi & terima kasih untuk tips bermanfaatnya. Semoga kedepannya semakin sukses & dicita-citakan segera terwujud ya mba

    ReplyDelete


  12. Mba nana memang selalu menginspirasi, makasih sharing ilmu dan tipsnya yang sangat membantu untuk pemula..

    ReplyDelete
  13. Dear Mba Nana,
    Semangat terus untuk menulis ya mba dan menghasilkan tulisan2 yang indah. Tetap terus memberikan insiprasi2 kepada kita. Cemangatt mba naaaa

    ReplyDelete
  14. Wow mantull Mbak Nana tulisan2nya, ditunggu blog2 selanjutnya ya mbakkk ,,, semangat !!! Dan semoga impian mbak Nana dapat terwujud tulisan blognya bermanfaat dan dibanjiri para pembaca setia Aamiin

    ReplyDelete
  15. Semangat terus mba nana, semoga sukses ya 👍😊

    ReplyDelete
  16. Wah terima kasih, infonya ngebantu bangeett.. trima kasih mba! Sukses selalu yaa

    ReplyDelete
  17. mbak nana I luuv itttt sekaliii, semoga selalu menjadi panutankuuuu <3

    ReplyDelete
  18. Nana sayang.. Tulisannya mengalir, informatif, jelas, membuat orang tertarik untuk belajar ngeblog juga. Sukses selalu dlm setiap bidang yg digeluti. Lop lop

    ReplyDelete
  19. Betul mbak, yang pertama perlu ditata adalah niat. Niat-lah yang membuat aktivitas kita berpahala/orientasi akhirat atau hanya sekedar lelah/orientasi dunia..

    Mantap nih, tetep semangat mengisi waktu dengan belajar coding HTML..lanjutken!!

    ReplyDelete
  20. Masyaa Allah, kereeen...
    Semangaaat terus yaa Kak, menebar manfaat, motivasi dan inspirasi melalui tulisan..
    Insyaa Allah kelak menjadi bagian dari amal jariyah yang terus mengalir pahalanya.
    Aamiin Allahumma Aamiin
    So proud of you, Kak! Barakallah

    ReplyDelete
  21. Mbak Nana keren.. Semangat terus menulis ya mbak, ditunggu blog2 yang menginspirasi n bermanfaat buat org banyak ❤

    ReplyDelete
  22. Semangat dan sukses ya mbaa

    ReplyDelete
  23. Mba Nana, i'm luvvviiin it banget :) selalu jadi panutanku -luv

    ReplyDelete
  24. Permulaan yg luar biasa... tetap semangat na...

    ReplyDelete
  25. Wow .. i enjoy reading it Mba.. mantap Mba Nana.. Ditunggu celoteh, cerita dan sharing2 berikutnyaa... Semangat!!

    ReplyDelete
  26. Wao.....semangat ya Na..untuk memulai yg baru tidak mudah...insya Allah pasti bisa

    ReplyDelete
  27. Mba Nana, semangat dan sukses selalu yahh blog nya..semoga makin menginspirasi :) ditunggu cerita2 selanjutnya yahhh!

    ReplyDelete
  28. Dear Mba Nana.. keren banget, tetep semangat dan keep inspiring ya mbaa.. semoga blog mba nana bisa bermanfaat buat orang banyak.. aamiin <3

    ReplyDelete