Blogger Pemula? Yuk baca Buku Ngeblog dari Nol

January 26, 2022

Anda Blogger Pemula Buku Ngeblog dari Nol

Pertama kali ketertarikan saya terhadap blogging adalah pada tahun 2018, dimana saat itu saya bergabung dalam komunitas tentang blogging dan pembuatan artikel. Sayangnya, ilmu baru saya ini tidak berkembang karena kesibukan bekerja, blog saya menjadi inactive. Sebagai blogger pemula, saya berniat untuk aktif kembali, dan bersyukur saya menemukan Buku Ngeblog dari Nol.


Turut serta dalam komunitas menulis

Menulis bukanlah hal yang baru bagi saya, saya bergabung dalam komunitas menulis bernama Easy Writing di awal tahun 2018,  disaat saya ingin mencoba ilmu dan juga pengalaman baru. Hal yang pertama saya rasakan adalah sangat bahagia karena bertemu dengan teman baru, mendapatkan insight tentang menulis sehingga di tahun itu pula, saya memberanikan pertama kalinya mengikuti tantangan menulis beberapa buku antologi. Langkah pertama yang saya lakukan sebagai Newbie dalam blogging adalah ikut serta dalam komunitas menulis.
Di komunitas menulis inilah, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya dengan Komunitas Ibu-Ibu Doyan Menulis. Kebetulan saat itu, ada buku panduan untuk blogger pemula yang akan terbit. Tanpa berpikir panjang, saya pun membeli buku tersebut.


Buku Ngeblog dari Nol, buku panduan bagi blogger pemula

Buku yang ditulis oleh Mbak Widyanti Yuliandari, Mbak Alfa Kurnia dan Mbak Nunu Amir, memiliki 181 halaman dan diterbitkan oleh Wonderland Publisher adalah buku panduan yang sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya. Penulis merupakan anggota dari komunitas Ibu-Ibu Doyan Menulis, bahkan Mbak Widayanti adalah Ketua Umum komunitas tersebut. Wah, saya benar-benar semangat untuk membeli saat itu. Ketika saya melihat daftar isi dari buku ini, saya langsung tertarik, sepertinya pertanyaan dari rasa keingintahuan saya terhadap blogging ada di buku ini. Yang lebih menyenangkan lagi, ternyata membeli buku ini ada bonusnya, yaitu Blog Planner. 
Penulis tidak hanya menulis bagaimana cara membuat blog atau konten blogging, tetapi juga mengulas tentang definisi tentang blog, memilih hosting dan juga memilih niche blog. Berikut ini beberapa ulasan singkat dari bab-bab dalam buku ini, yang saya coba rangkum.

Why Blogging

Dalam bab ini, blogger pemula dipandu oleh Mbak Alfa Kurnia, untuk lebih mengerti apa itu definisi blogging, manfaat dan kelebihannya. Di bab ini, saya pun baru mengetahui ternyata blogging bukan hanya sebagai wadah untuk berbagi, tetapi bisa sebagai make money. Wah, pastinya ini yang membuat saya tertarik untuk mempelajarinya lebih dalam.


Step by Step Membuat Blog

Blogger pemula akan merasa terbantu saat membaca bab ini. Dalam bab ini, akan dibahas secara rinci dan sistematis, bagaimana membuat fitur dashboard dari dua blog platform, yaitu Blogspot dan Wordpress. Tidak hanya langkah-langkah membuat fitur, Mbak Nunu Amir sebagai penulis bab ini, juga membahas kelebihan dan kekurangan dari dua platform tersebut. 


Membangun Konten Blog untuk Blogger Pemula

Bab ini adalah bab yang terpenting menurut saya. Sebagai blogger pemula, kadangkala saya bingung harus mulai dari mana, dan bagaimana membuat konten yang bagus sehingga disukai oleh pembaca. Tujuan utama untuk membuat blog bagi saya, adalah untuk dapat berbagi kepada orang lain, dengan harapan dapat memberikan manfaat.

Konten yang baik berasal dari tulisan yang baik, tetapi gambar, infografis pun mengambil peranan besar dalam sebuah postingan blog. Sebagai penulis, Mbak Widyanti, memaparkan dengan rinci dalam bab ini, serta memberikan berbagai cara mudah dan kreatif mendapatkan tulisan yang menarik. Mengembangkan outline menjadi paragraf yang baik, memberikan judul yang asyik, hingga memberikan garnish pada blog dan juga tips memilih foto yang baik, menjadikan isi bab ini semakin menarik. Yang tak terlupakan dan juga terpenting bagi blogger pemula, khususnya saya, adalah self editing.


Memilih Hosting Handal dan Niche Blog

Pemilihan hosting handal pun bisa dibilang penting, blogger pemula akan dipandu kriteria apa yang harus diperhatikan saat memilih hosting. Misalnya seperti performa dan lokasi server, bandwidth, kapasitas penyimpanan, serta teknisi pendukung. 
Selain itu, dalam buku ini, blogger pemula pun diberikan gambaran tentang niche sebuah blog beserta dengan contoh-contohnya. 


Tips Ngeblog bagi pemula

Dalam buku ini, penulis juga memberikan tips ngeblog bagi pemula, diantaranya adalah bagaimana mengundang pembaca pertama, merawat konsistensi dan peranan Blog Planner. Alhamdulillah, buku ini satu paket dengan Blog planner, sehingga pemula dapat langsung memanfaatkan dan mempraktekkan ilmu yang didapat dari membaca buku ini.


Pemula Bisa Nge-Blog dengan sukses jika Jalannya Benar

Kalimat ini saya ambil dari judul prakata yang ditulis oleh Mbak Widyanti. Saya sangat bersyukur memiliki panduan yang dikemas secara rinci dan sistematis, beserta contoh-contohnya, sehingga saya sebagai pemula dapat dengan mudah memahami apa yang ingin dikemas atau ditulis oleh para penulis hebat dari Ibu-Ibu Doyan Menulis ini. 
Semoga saya bisa terus belajar, mengikuti program yang diselenggarakan oleh IIDN, Kelas Blog 2022 Blogging Goals for Newbie.


Terima kasih telah berbagi kepada kami, para pemula. Semoga, saya dan para blogger pemula dapat bersumbangsih kepada masyarakat dengan tulisan kami, Aamiin.


You Might Also Like

0 comments