Kantina, Kantin Plaza Indonesia

October 12, 2018

Dear Sahabat, 

Berkantor di salah satu pusat perbelanjaan bergengsi di Jakarta, pastinya akan membuat isi kantong jebol, karena susah mencari tempat makan yang ramah kantong. Banyak sih tempat di pinggiran jalan yang menawarkan makanan dengan harga murah, asal mau berpanas-panasan dan berteman dengan debu. Akhirnya kutemukan Kantina, Kantin Plaza Indonesia.

Di awal kepindahan kantor dari Landmark Sudirman ke The Plaza Office Tower MH Thamrin, saya selalu bingung ketika jam makan siang tiba. Sesekali makan di dalam pusat perbelanjaan Plaza Indonesia, tapi kadang ingin rasanya menyantap makanan ala masakah rumahan. Ada alternatif kantin di basement P2 atau di P3, namun harus siap mau ditemani asap rokok, karena banyak pengemudi-pengemudi yang makan di situ. Pilihan lain lagi adalah di Kantin EX, lumayan banyak makanan yang ditawarkan disana harga murah dan juga lumayan rasanya. Namun sayang sekali, Kantin EX harus kita relakan karena gedung tersebut dirobohkan. Kembali bingung melanda saat tiba makan siang. 

Sekilas tentang Kantina


Dok. detikcom
Alhamdulillah kebingunganku tidak berlangsung lama, karena kisaran awal tahun 2016, dibuka Kantin Karyawan Plaza Indonesia yaitu Kantina yang terletak di lantai P2. Lokasinya mudah ditemukan, tinggal turun dari escalator dekat pintu masuk The Plaza Office ke P2, terus keluar pintu belok kiri langsung deh ketemu sama ini kantin. Escalatornya terletak di belakang Bistro Baron.

Dok. detikcom
Kantinnya ber-AC, bersih serta banyak meja dan tempat duduk, cukup nyaman, walau perputaran udara asap makanan perlu ditinjau ulang, karena biasanya sehabis makan di Kantina, baju penuh dengan wangi makanan. 
Namun demikian, tetap saja kami makan disana, karena makanannya cukup beragam serta harga yang terjangkau.


Dok. detikcom
Dok. Pribadi
Makanan yang dijual beragam , dan nama kedainya cukup unik, karena di beri nama beberapa daerah di Indonesia, seperti misalnya Kedai Pati, Kedai Betawi, Kedai Cirebon, Kedai Bogor, Kedai Solo, Kedai Jogja dan Kedai Padang. Kedai-kedai tersebut menonjolkan khas makanan daerah masing-masing. Misalnya Kedai Pati, salah satu menu favoritnya adalah Nasi Gandul. Nasi Gandul adalah daging yang dipotong-potong kecil dan berkuah santan, sekilas mirip dengan empal gentong Cirebon tapi tidak terlalu kental. Selain nasi gandul, Kedai Pati menyediakan berbagai masakan rumahan, serupa dengan Kedai Surabaya, yang juga menyediakan berbagai masakan rumahan. 

Dok.Pribadi - Nasi Gandul
Masing-masing Kedai mempunyai makanan jagoannya, Kedai Cirebon dengan ayam gepreknya yang lunak dan bumbu yang meresap, Kedai Betawi dengan soto Betawi, Kedai Bogor dengan Soto Mie, kedai Jogja dengan gudegnya, serta Kedai Padang dengan Gulai, rendang serta masakan Padang lainnya. Semuanya menggugah selera orang yang melihatnya dan orang mudah untuk membelinya. Pilih yang disukai lalu bayar ditempat, setelah itu mencari tempat duduk yang nyaman, dan santap makanan bersama teman-teman.
dok. Pribadi

Alternatif Tempat Makan di bilangan Jalan Thamrin


Alternatif tempat makan yang bisa dicoba bagi karyawan The Plaza dan sekitarnya atau bagi yang sedang berkunjung ke Plaza Indonesia baik untuk keperluan bisnis atau singgah sementara misalnya sehabis mengurus visa Jepang dimana lokasi kedutaan Jepang tidak jauh dari Lokasi Gedung The Plaza Office.

Kantina, kantin Karyawan yang lumayan bersih dengan makanan yang beragam , dan harga yang terjangkau.



Jakarta, October 2018




You Might Also Like

9 comments

  1. Wah seneng kalau ada Kantina begini...Enggak bikin kantong jebol dan rasanya pas selera lidah kita ya Mbak
    Kapan-kapan kalau main ke PI boleh dicoba nih

    ReplyDelete
  2. Perkantoran didaerah elit memang bikin jebol pegawainya, bagus klo disediakan kantin atau pujasera yg ramah kantong. Mungkin alternatif lain dg membawa bekal maksi dari rumah.

    ReplyDelete
  3. ini kantina mirip kaya kansup kalo di PIM ya, kansup itu artinya kantin supir. tempatnya juga AC sih tapi makananya kaya warteg, enak-enak juga, kalo main ke PIM tapi tak punya duit makannya di kansup wkwkwk. irit jadinya, hehe.

    ReplyDelete
  4. Boleh nih infonya, mampir kantina, ntar kapan-kapan kalau balik ke ibukota😁
    Makanan enak harga kaki lima tempat adem, cocok itu😍

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah sudah ada kantin dengan harga terjangkau ya..bisa lebih hemat :)

    ReplyDelete
  6. Senengnya ada kantin yang murah di Plaza Indonesia, jadi karyawan bisa makan siang Kalo lagi ga bawa bekel dari rumah.

    ReplyDelete
  7. Enak ya mba, kalau ada kantin bersih dan murmer di deket tempar kerja. Nggak perlu jauh-jauh ngabisin waktu hehe.

    ReplyDelete
  8. Wah kalo ada Kantina jadi gak jebol kantong ya mbak, harga murah dan sesuai sama dompet karyawan. :) bener2 membantu banget. Di Surabaya biasanya tetep ada kantin karyawan di beberapa mall yang aku tau :)

    ReplyDelete
  9. Kantinnya bagus ya, apalagi kalo harganya ga bikin kantong jebol, makin bagus lagi. Aku catet nih, kapan2 ke jakarta lagi aku cb makan di sini aja biar irit. Hehe.

    ReplyDelete