Manfaat Blog Plan Bagi Pemula

December 15, 2021

Manfaat Blog Plan





Dear Sahabat, 

Selamat datang kembali di blog saya - Story of Thankful Mom. 
Ilmu demi ilmu tentang optimasi blog bagi blogger pemula, kerap saya peroleh di Kelas Gratis BRT. Salah satunya adalah membuat blog plan atau perencanaan sebelum mulai menulis blog. 
Seperti apa sih blog plan dan manfaatnya bagi blogger pemula. Bismillah, saya coba share di postingan saya kali ini, ya.

Kadangkala  ide di kepala saya bermunculan terlalu banyak, sehingga karena terlalu penuh,  kadang pula menguap begitu saja. Ide menulis itu benar-benar langka, sehingga sayang kalau dibiarkan menguap. Hal ini saya pelajari dari kelas blog sebelumnya, bahwa konten bagi blogger pemula sangat perlu untuk diperhatikan, dan konten yang paling banyak adalah tulisan selain infografis atau gambar. Oleh karena itu, ide dan kemampuan menulis itu diperlukan oleh blogger. 

Salah satu tujuan saya mengikuti kelas BRT  adalah bagaimana blog saya dibanjiri pembaca yang tentunya juga memberikan komentar. Bagi saya, ini cukup menantang, mungkin karena tulisan saya belum mumpuni atau juga blog saya belum dikenal banyak orang, sehingga saya merasa kesulitan untuk mendapatkan komentar dari pembaca.
Saya tidak akan pernah patah semangat untuk mencoba walau berulang kali gagal tetap positif dan bangkit untuk tumbuh.

Kriteria konten untuk blogger pemula, menurut saya selain membuat konten positif, juga adalah prosesnya yang saya bisa saya nikmati sehingga bisa membuat saya konsisten dalam ngeblog. Ditambah lagi, mencari tema-tema yang disukai pembaca, nah, riset diperlukan juga. Sembari berjalannya waktu, saya akan mencoba untuk membuat blog plan terlebih dahulu. Tak lain dan tak bukan, agar bisa membuat saya konsisten dalam menulis. 

Definisi Blog Plan


Banyak cerita dan juga yang saya alami sendiri, blog tidak aktif karena kurangnya perencanaan. Seperti aktivitas lain, blogging itu membutuhkan keseriusan, target, rencana tindakan hingga alokasi waktu. 

Blog plan , kalau saya googling, merupakan kata saduran yang berarti perencanaan dalam aktivitas blogging. Blog Plan bisa dibuat untuk berbagai tahapan, misalnya perencanaan mingguan, bulanan bahkan tahunan ditambah dengan evaluasi tentunya.

Teman-teman satu kelas saya pun telah membuat blog plan bagi blognya masing-masing, saya banyak mendapatkan ide dan inspirasi dari mereka. Teh Nurul Fitri misalnya, blog plannya sangat informatif dan jelas untuk diaktualisasikan, grafisnya juga indah didominasi warna coklat, peach, yang merupakan warna favorit saya juga. Lain halnya dengan Teh Triani Retno, saya melihat isi dari blog plan teh Triani, juga sangat menginspirasi saya. Rencana-rencananya jelas dan terukur dengan jelas dan juga membuat saya ingin menambahkan target untuk membuat organic post sebanyak mungkin. Blog plan kang Syahri lain lagi, blog plannya singkat tapi padat membuat saya ingin juga menambahkan monetisasi adsense di tujuan tahunan saya. Blog plan kak Sakifah pun sangat menginspirasi.

Blog Plan Nana



Saya benar terharu dan bersyukur, masuk dalam komunitas blogger yang sangat aktif serta open mind , tidak segan memberikan saran dan masukan yang berarti. Terima kasih ya, teman-teman Grup I Kelas BRT. Nah, mengikuti komunitas blogger bisa menjadi salah satu tambahan blog plan saya nih, untuk tahun 2022.

Ragam Pembuatan dan Jenis Blog Plan


Pembuatan Blog Plan banyak jenisnya, dan bisa disesuaikan dengan masing-masing blogger. 
Bagi yang suka dengan yang simpel dan singkat tapi padat, bisa menggunakan manual dengan tulisan tangan di kertas atau buku.

Adapun yang menyukai hardcopy, bisa mencoba aplikasi Canva atau Pinterest yang kemudian dihias dengan tulisan lucu atau warna warni, dicetak dan dipajang sehingga tiap saat dapat dilihat sebagai pengingat diri dan pastinya bermanfaat juga untuk evaluasi.

Selain itu ada juga blog plan digital, pada dasarnya sama dengan yang printable, namun bedanya tidak dicetak namun dibuat di Android, besar manfaatnya bagi yang menyukai paperless, dan lebih bisa diakses setiap saat.

Jenis blog plan terdiri dari beberapa waktu, bisa berupa perencanaan tahunan, bulanan bahkan harian.
Perencanaan tahunan lebih ke target dan tujuan yang ingin dicapai di tahun tersebut, misalnya untuk dapat memiliki blog dengan niche tertentu, mempunyai blog yang DA lebih dari 20 serta SEO yang optimal, memiliki blog yang mempunyai monetisasi adsense, artikel organik yang lebih dari sepuluh, serta yang terpenting bisa mendapatkan job review.

Perencanaan bulanan adalah memilah perencanaan tahunan menjadi tahap-tahap yang lebih detail. Pengalaman dari coach Kak Marita dalam kelas BRT, beliau membuat perencanaan bulanan dengan menggunakan Excel file, yang memuat niche, label, keyword yang digunakan, DA/PA yang dicapai hingga monetasi. Menurut saya, ilmu Kak Marita ini sangat detail dan bagus untuk saya aplikasilkan.

Perencanaan mingguan dan harian, dapat dibuat untuk lebih detail lagi terhadap perencanaan tahunan dan bulanan yang saya jelaskan sebelumnya. Hal yang dapat diperhatikan adalah jadwal posting, merencanakan kategori dan tujuan, serta menuliskan hal-hal yang perlu dilakukan dalam sepekan. Sementara untuk harian, lebih difokuskan ke outline atau kerangka tulisan, sehingga dapat lebih mudah untuk menulis.


Manfaat Blog Plan


Dengan membuat sebuat blog plan, saya sebagai blogger pemula merasa sangat terbantu, sehingga bisa menentukan beberapa hal sebagai berikut :

1. Tujuan yang ingin dicapai


Seperti di postingan saya sebelumnya, tujuan saya adalah untuk mengaktifkan kembali blog saya, dan menjadi blogger profesional, memiliki blog dengan SEO optimasi yang sehat dan tulisan yang disukai para pembacanya. 

2. Niche/Kategori Tulisan


Blog plan pastinya dibutuhkan juga untuk blog dengan niche yang beragam seperti saya, misalnya kuliner,  traveling atau lifestyle serta puisi. Dengan adanya blog plan, saya bisa disiplin untuk menulis tiap label dalam blog saya, sehingga tidak ada yang di anak tirikan.

3. Jadwal Posting terukur


Manfaat ini yang pastinya akan saya rasakan, karena konsistensi untuk posting sebuah artikel itu merupakan salah satu yang utama. Manajemen waktu harus terus terukur. 

4. Bank Ide dan Outline


Dengan menggunakan blog plan, segala ide yang tadinya hanya berada di kepala saya bisa diterangkan dengan jelas dan berusaha untuk terukur aktualisasinya. Apabila bank ide sudah terkumpul, saya harap saya bisa lebih mudah untuk menuliskan outline dari apa yang akan saya posting di blog saya. Hal ini dapat membantu saya untuk membuat outline.

Blog Plan Menjaga Visi, Konsistensi Untuk Terus Berkembang


Setelah mendapatkan ilmu yang bermanfaat dalam tahapan proses blogging, saya mendapati perencanaan dalam blogging itu merupakan tahapan yang penting. Saya menganggap dengan menbuat blog plan menjaga visi dan konsistensi saya untuk terus berkembang dari seorang blogger pemula menjadi blogger profesional.

Semoga artikel dapat memberikan manfaat bagi sahabat blogger, terutama blogger pemula. 
Terima kasih telah membaca hingga akhir dan juga memberikan komentar yang sangat bermanfaat bagi saya pribadi. 

Selamat membaca.

You Might Also Like

1 comments

  1. there you go mom ! akhirnya bisa lanjut nulis blog. materinya menarik banget, apalagi buat yang berencana untuk menuulis blognya. bener kadang kita suka overwhelmed banget sama ide yang ada di kepalaa kita, makannya blog planning disini menjadi penting agar lebih tertata.

    ReplyDelete